Visi-Misi-Tujuan

Visi

Visi PS Kimia sebagaimana tercantum dalam Rencana Induk Pengembangan (RIP) PS Kimia tahun 2014-2038 adalah ”Unggul dan terkemuka dalam pengembangan dan pemaduan keilmuan bidang kimia berdasarkan wawasan dan nilai-nilai keislaman bagi peradaban”. Penjabaran definisinya sebagai berikut:

  1. Unggul, yakni PS Kimia menjadi lembaga pendidikan tinggi yang terdepan dalam usaha pengembangan keilmuan bidang kimia (khususnya dalam bidang pangan, lingkungan, dan material) yang terintegrasi dan terinterkoneksi dengan wawasan dan nilai-nilai keislaman.
  2. Terkemuka, yakni PS Kimia menjadi lembaga pendidikan tinggi yang dikenal aktif dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa, mendukung keunggulan kompetitif bangsa, dan berkontribusi bagi kemajuan peradaban manusia berdasarkan keilmuan bidang kimia (khususnya dalam bidang pangan, lingkungan, dan material) yang terintegrasi dan terinterkoneksi dengan wawasan dan nilai-nilai keislaman.

Misi

Untuk mewujudkan visi sebagaimana disebutkan di atas, PS Kimia menetapkan misi” Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan publikasi ilmiah, serta pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan keilmuan bidang kimia yang terintegrasi dan terinterkoneksi dengan wawasan dan nilai-nilai keislaman, keindonesiaan, dan kearifan lokal dalam rangka turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa, mendukung keunggulan kompetitif bangsa, dan berkontribusi bagi kemajuan peradaban manusia”.


Tujuan

Hasil yang ingin dicapai PS Kimia berdasar visi dan misi di atas adalah:

  1. Menghasilkan lulusan yang cerdas dan unggul serta mampu berkontribusi bagi kemajuan peradaban manusia berdasarkan keilmuan bidang kimia serta wawasan dan nilai-nilai keislaman.
  2. Menghasilkan penelitian dan publikasi ilmiah yang unggul dalam bidang kimia yang terintegrasi dan terinterkoneksi dengan wawasan dan nilai-nilai keislaman  
  3. Mampu memberikan layanan kepada masyarakat secara aktif menggunakan hasil penelitian bidang kimia berdasarkan wawasan dan nilai-nilai keislaman.