Kamis, 2 Maret 2017 13:04:42 WIB Dilihat : 168 kali

Dalam rangka meningkatkan skill dan kompetensi mahasiswa kimia, prodi Kimia UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan instrumentasi kimia. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa kimia angkatan 2012-2014 di Laboratorium Kimia fakultas Saintek, Senin-Selasa (30-31/1).
Kaprodi Kimia Dr. Susi Yunita Prabawati mengatakan instrumentasi kimia merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari setiap penelitian. Hasil analisis menggunakan instrumentasi kimia merupakan bagian akhir dari aktivitas di laboratorium. “ Dihaapkan mahasiswa bisa praktek dan mengoperasikan alat untuk menambah skill dan keterampilan dalam bekerja “ tutur Susi saat membuka acara.
Dalam kegiatan tersebut Prodi Kimia menghadirkan pembicara Miranda Adihimawati, MSc. Materi yang disampaikan pada pelatihan kali ini fokus pada Instrumentasi UV-Vis. Spektrofotometri Sinar Tampak (UV-Vis) adalah pengukuran energi cahaya oleh suatu sistem kimia pada panjang gelombang tertentu. Alat ini lebih banyak dipakai untuk analisis kuantitatif dibandingkan kualitatif.
Miranda menjelaskan materi mengenai teori, prinsip kerja, dan pengolahan data spektrofotometri UV-Vis. Sebelum melakukan analisis, seorang analis harus memastikan bahwa sistem dan prosedur yang digunakan harus mampu memberikan data yang dapat diterima. Hal ini bisa dilakukan setelah dilakukan pengembangan metode dan validasi metode.
Pada hari kedua acara pelatihan instrumentasi peserta didampingi laboran mempraktikan untuk menganalisa suatu zat kimia. Mereka dituntut untuk bisa mengimplementasikan semua teori yang diperoleh pada sesi sebelumnya melalui praktik langsung menggunakan alat spektrofotometer UV-vis secara berkelompok dan bergantian sehingga setiap peserta mendapatkan giliran untuk mengoperasikan instrumentasi tersebut.
Salah satu laboran Wijayanto, S.Si menuturkan, pelatihan ini bertujuan untuk membekali pengetahuan dan skill dalam memilih dan menggunakan instrumentasi analitik yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan penelitian peserta sehingga dalam melaksanakan penelitannya bisa menjadi lebih efektif dan efisien []

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom