Ikatan Alumni (IKASUKA KIMIA)

A. Awal Pemikiran
Sejak tahun 2008 hingga sekarang, Program Studi Kimia UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta telah meluluskan banyak alumni yang tersebar di beberapa daerah. Alumni-alumni tersebut mengabdi pada berbagai lapisan masyarakat dan telah mampu mengaplikasikan ilmu yang mereka peroleh selama kuliah. Beberapa diantaranya telah bekerja dan berkarir pada institusi pemerintah dan swasta serta merintis karir sebagai entrepreuner. Sebagian lagi melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dan pendidikan profesi.

Sebagai lulusan kampus yang terus berkembang, karya dan prestasi para alumni Kimia UIN Sunan Kalijaga harus memberi kontribusi besar bagi almamaternya, khususnya bagi peningkatan dan pengembangan kualitas kampus, mahasiswa, dan alumni. Beberapa kampus besar, baik di Indonesia maupun di negara-negara lain dapat menjadi kampus besar yang berkualitas dan disegani berkat peran serta alumni-alumninya baik secara langsung maupun tidak langsung.

Peran ini bisa terlaksana di Prodi Kimia UIN Sunan Kalijaga jika alumni memiliki jaringan silaturahim yang kuat dengan almamaternya, khususnya dengan mahasiswa yang masih aktif, dosen, dan sesama alumni. Jaringan silaturahim tersebut berupa wadah bagi alumni agar dapat berkomunikasi dan bekerjasama secara teratur, terencana, dan penuh kebijaksanaan.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, alumni dan mahasiswa Program Studi Kimia UIN Sunan Kalijaga yang tergabung dalam suatu Tim Formatur menyadari pentingnya untuk menghimpun seluruh alumni dalam satu organisasi alumni yang diberi nama IKASUKA – KIMIA (Ikatan Alumni UIN Sunan Kalijaga – Kimia).

IKASUKA – KIMIA akan menjadi organisasi yang mewadahi seluruh lulusan Program Studi Kimia UIN Sunan Kalijaga di seluruh Indonesia. Alumni yang tergabung dalam organisasi ini, secara otomatis akan tergabung sebagai anggota IKASUKA Fakultas Sains dan Teknologi dan IKASUKA Pusat sebagai organisasi induk alumni tingkat Fakultas dan Universitas.


B. Tim Formatur
Tim formatur IKASUKA-KIMIA dibentuk pada tanggal 2 April 2010 dalam suatu acara yang bertajuk “Silahturahmi Lintas Angkatan Prodi Kimia UIN Sunan Kalijaga”. Acara yang digelar di rumah salah seorang alumni, Sudarlin, S.Si., dan dihadiri beberapa alumni dan mahasiswa aktif. Tujuan acara ini adalah mengumpulkan semua mahasiswa dan alumni agar dapat menyatukan konsep dalam mempersiapkan pembentukan IKASUKA-KIMIA.

Beberapa keputusan yang diperoleh pada acara tersebut adalah:

  1. Menunjuk saudara Sigit Hartanto Purnomo, S.Si., Sudarlin, S.Si., Milatun Nasihah, S.Si., Koko Astowo Putra, S.Si., Hadhana Fadhlinda, Khabiburrahman, Laili Hunaifah sebagai Tim Formatur IKASUKA-KIMIA.
  2. Menugaskan Tim Formatur IKASUKA-KIMIA untuk melakukan koordinasi dengan pihak Program Studi, pihak Fakultas, pihak Kampus, dan pengurus IKASUKA tingkat universitas serta tingkat fakultas mengenai mekanisme pembentukan IKASUKA tingkat Program Studi.
  3. Menugaskan Tim Formatur IKASUKA-KIMIA untuk menyusun rancangan Visi, Misi, Anggaran Dasar (AD), Anggaran Rumah Tangga (ART), dan Garis-garis Besar Haluan Kerja Organisasi (GBHK).
  4. Melaksanakan kongres alumni untuk mengesahkan Visi, Misi, AD/ART, dan GBHK organisasi serta memilih dan menetapkan pengurus berdasarakan AD/ART yang ditetapkan.
  5. Rekomendasi sebagaimana telah diuraikan di atas dilaksanakan maksimal dalam waktu satu (1) tahun.
  6. Namun, karena beberapa kendala, salah satu diantaranya adalah IKASUKA tingkat Fakultas Sains dan Teknologi tidak aktif, maka rencana pembentukan IKASUKA-KIMIA ditunda hingga waktu yang memungkinkan.

Penundaan tersebut berlangsung selama 2 tahun, hingga akhirnya kongres pertama IKASUKA-KIMIA dengan nama Musyawarah Nasional (Munas) I IKASUKA-KIMIA dapat dilaksanakan pada tanggal 2 November 2012. Munas I IKASUKA-KIMIA menghasilkan beberapa keputusan antara lain:

  1. Menetapkan Visi, Misi, AD/ART, dan GBHK organisasi sebagaimana akan diuraikan pada bab II buku ini.
  2. Memilih dan menetapkan Saudara Nanang Zudi Santosa, S.Si. sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat IKASUKA-KIMIA periode 2012 – 2015 serta Saudara Moh. Rusdi, S.Si. sebagai wakilnya.
  3. Menugaskan ketua dan wakil ketua IKASUKA-KIMIA terpilih untuk melengkapi personalia pengurus IKASUKA-KIMIA periode 2012 – 2015 sesuai dengan AD/ART yang telah ditetapkan.
  4. Menugaskan pengurus terpilih untuk menggelar acara pelantikan pengurus dan memberikan pemberitahuan kepada pihak terkait mengenai terbentuknya IKASUKA-KIMIA.
  5. Menugaskan pengurus terpilih untuk segera melakukan rapat kerja (Raker) guna menyusun program kerja yang akan dilaksanakan selama periode kepengurusan.


C. Pelantikan Pengurus Terpilih Periode 2012-2015
Pelantikan pengurus IKASUKA-KIMIA periode pertama, 2012-2015, dilaksanakan pada tanggal 3 November 2012 di teatrikal Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suna Kalijaga. Pelantikan dilakukan oleh Ketua Program Studi Kimia UIN Suna Kalijaga, Esti Wahyu Widowati, M.Si. M.Biotech.


D. Sekretariat dan Alamat Kontak
Sekretariat : Jl. Marsda Adisutjipto No 1 Sleman Yogyakarta 55281
Email : ikasuka_kimia@ymail.com
Website : www.ikasuka-kimia.co.nr
Facebook : Ikasuka Kimia

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom