Layanan Akademik

A. PENDAFTARAN SEMINAR PROPOSAL

1. Mendaftar seminar proposal di sistem akademik

2. Mendaftar seminar secara online melalui bit.ly/PendaftaranSeminarProposalSAINTEK (harus dengan email kampus). Siapkan berkas:

  • Blanko pendaftaran seminar (unduh template)
  • Penunjukan pembimbing dan persetujuan seminar (isi data
  • Pengesahan proposal dari pembimbing (halaman sampul proposal)
  • Kartu kehadiran mengikuti seminar 5x 

3. Kirim semua berkas tersebut ke petugas prodi melalui email 198501010000001101@uin-suka.ac.id cc ke kimia@uin-suka.ac.id. Subjek: Pendaftaran Seminar Proposal Kimia. Mohon sertakan nomor WA aktif yang dapat dihubungi

4. Konfirmasi pendaftaran anda melalui Whatsapp (WA) ke petugas prodi (Kimia: Ibu Nurita) melalui wa.me/6287838497797

 

B. PENDAFTARAN UJIAN MUNAQOSYAH

1. Mendaftar munaqosyah di sistem akademik

2. Mendaftar munaqosyah melalui bit.ly/PendaftaranMunaqosyahSAINTEK (harus dengan email kampus). Siapkan berkas:

  • Bukti pendaftaran munaqosyah di SIA
  • Blanko pendaftaran munaqosyah
  • Syarat/cek list pengajuan munaqosyah
  • Surat Keterangan Bebas Teori
  • Scan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang masih berlaku
  • Scan Kartu Rencana Studi (KRS) semester berjalan
  • Scan sertifikat PKL/Magang (jika ada)
  • Scan sertifikat Kuliah Kerja Nyata (KKN)
  • Abstraksi skripsi dalam bentuk tabel
  • Scan Sertifikat ICT
  • Scan Sertifikat TOEC
  • ScanSertifikat IKLA
  • Scan Sertifikat Sosialisasi Pembelajaran (SOSPEM)
  • Scan Sertifikat Baca Tulis Al-Quran (BTA) 
  • Scan Ijazah Terakhir
  • Foto warna
  • Blanko Pembuatan Ijazah
  • Blanko Pembuatan Akta
  • Surat pernyataan memakai jilbab bermaterai (untuk perempuan)
  • Dokumen Tugas Akhir
  • Bukti telah melaksanakan seminar proposal
  • Bukti Pembibingan Tugas Akhir
  • Bukti Persetujuan Tugas Akhir dari pembimbing
  • Surat pernyataan keaslian tugas akhir
  • Cover tugas akhir
  • Bebas Laboratorium
  • Scan KTP
  • Scan KK
  • Bukti Pembayaran UKT

3. Kirim semua berkas tersebut ke petugas prodi melalui email 198501010000001101@uin-suka.ac.id cc kimia@uin-suka.ac.id. Subjek: Pendaftaran Munaqosyah Kimia. Mohon sertakan nomor WA aktif yang dapat dihubungi.

4. Konfirmasi pendaftaran anda melalui Whatsapp (WA) ke petugas prodi (Kimia: Ibu Nurita) melalui wa.me/6287838497797

 

C. PENDAFTARAN YUDISIUM

1. Mendaftar yudisium melalui bit.ly/PendaftaranYudisiumSAINTEK (harus dengan email kampus). Siapkan berkas:

  • Bukti telah selesai revisi skripsi
  • KHS
  • Bukti online daftar yudisium

2. Kirim semua berkas tersebut ke petugas prodi (Kimia: Ibu Nurul) melalui email 198501010000001101@uin-suka.ac.id cc ke kimia@uin-suka.ac.id. Subjek: Pendaftaran Yudisium Kimia. Mohon sertakan nomor WA aktif yang dapat dihubungi

3. Konfirmasi pendaftaran anda melalui Whatsapp (WA) ke petugas prodi (Kimia: Ibu Nurita) melalui wa.me/6287838497797 

 

D. PELAKSANAAN MAGANG

1. Peserta magang mengumpulkan informasi tentang instansi/perusahaan tujuan magang melalui observasi, survey, maupun studi lapangan

2. Peserta magang menyusun outline magang sebagai syarat untuk mengajukan  permohonan surat pengantar magang (lihat template).

3. Peserta magang mengajukan permohonan surat pengantar magang kepada program studi dilengkapi outline magang menggunakan form forms.gle/26vnbGcgGpnCGoyZ9

4. Program studi membuat surat pengantar kepada instansi/perusahaan tujuan magang, berdasarkan data yang telah dituliskan oleh Peserta magang dalam outline magang.

5. Peserta magang menyerahkan surat pengantar magang kepada instansi/perusahaan yang dituju.

6. Pengelola magang menerima surat jawaban resmi secara tertulis dari instansi/perusahaan yang menyatakan diterima (disertai deskripsi singkat tentang rencana kegiatan magang) atau tidaknya peserta magang untuk melaksanakan magang di instansi/perusahaan yang bersangkutan.

7. Peserta magang berkonsultasi dengan Dosen Pengampu MK Magang yang ditunjuk untuk menentukan tema kegiatan yang akan dilakukan selama melaksanakan magang.

10. Dosen Pengampu MK Magang melakukan supervisi terhadap penyusunan proposal magang yang dilakukan oleh peserta magang (jika instansi/perusahaan yang dituju menghendaki adanya pembuatan proposal sebelum melaksanakan magang) 

11. Peserta magang melaksanakan magang di bawah supervisi pembimbing lapangan sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh instansi/perusahaan dan disetujui oleh Pengampu MK Magang.

12. Peserta magang melakukan penyusunan draft laporan magang selama masa pelaksanaan kegiatan magang di instansi/perusahaan

13. Penyusunan laporan magang menggunakan untuk instansi/perusahaan tempat magang sesuai dengan instansi/perusahaan masing-masing.

14. Penyusunan laporan magang untuk ujian di kampus menggunakan template.

15. Peserta magang yang siap ujian mendaftar di forms.gle/ZiCWFeDsXY65P33S8

16. Kriteria penilaian oleh Dosen Pengampu meliputi Sistematika dan Penulisan (maks. 35); Kelengkapan Data (maks. 30); Analisis Hasil (maks. 35)

17. Kriteria penilaian oleh Dosen Penguji meliputi Kemampuan Menjawab (maks. 50) dan Penguasaan Laporan (maks. 50)

E. IJIN PENELITIAN LUAS KAMPUS TERMASUK BRIN

1. Konsultasikan dengan Dosen Pembimbing Skipsi (DPS)

2. Ajukan permohonan ijin ke Program Studi Kimia menggunakan form ijin lab luar kampus

 

F. REKOMENDASI KKN KONVERSI

1. Sebelum mendaftar, konsultasikan dengan Dosen Pembimbing Akademik (DPA)

2. Ajukan ijin mengikuti KKN Konversi ke Program Studi Kimia menggunakan form ijin kkn konversi

3. Syarat untuk mendapat ijin

     a. Memiliki kegiatan bertemakan kimia di proposal kegiatan KKN

     b. Maksimal mengambil 24 sks pada saat pelaksanaan termasuk sks KKN